-

-

Rabu, 27 November 2013

SURAT PERTAMINA II



                                                                         Prabumulih, 24 november 2013
                                                                        Yth Humas PT.Pertamina EP Asset 2
                                                                        Jalan Jendral Sudirman No.3 Prabumulih
                                                                         Sumatera Selatan 31127

Dengan Hormat
            Sehubungan dengan lomba menulis surat yang bertemakan harapan saya pada Pertamina sebagai perusahaan milik Negara. Saya sebagai siswa SMA Negeri 2 Prabumulih ingin berpartisipasi dalam lomba tersebut, demi dan untuk mewujudkan keinginan saya yang sudah lama saya impikan. Impian ini sepertinya akan segera terwujud berkat adanya lomba menulis surat yang diadakan oleh Pertamina ini. Dengan usia Pertamina yang sudah menginjak 56 tahun, saya sangat berharap Pertamina dapat mewujudkan harapan saya ini, karena harapan ini berkenaan dengan anak-anak bangsa atau generasi-generasi penerus bangsa Indonesia yang akan datang.
            Pertamina itu sendiri merupakan perusahaan minyak dan gas bumi yang dimiliki pemerintah Indonesia (National Oil Company), yang berdiri sejak tanggal 10 desember 1957. 56 tahun telah berlalu, tidak terasa sudah banyak sekali bantuan yang telah diberikan oleh Pertamina terhadap masyarakat Indonesia selama 56 tahun belakang. Salah satunya di dalam pendidikan. Bazma Asset 2 PT. Pertamina EP Prabumulih memberikan bantuan Bimbingan Belajar Anak Asuh (BBAS), Bimbingan Belajar Anak Asuh dilaksanakan pada 2 kali pertemuan setiap bulannya pada hari minggu. Ini merupakan program untuk mendidik akhlak anak-anak dari SD sampai SMA yaitu khusus anak-anak asuh Bazma yang telah dipilih. Kegiatan ini berguna agar mereka bisa menjadi anak-anak yang cerdas baik dari ilmu agama maupun ilmu pendidikan disekolahnya. kegiatan dimulai dengan berolahraga bersama, mengaji bersama, menuangkan kreatifitas dan pembagian beasiswa dan makanan sehat. Kegiatan ini di pantau oleh head education yang telah ditunjuk Bazma Asset 2 PT Pertamina EP Prabumulih.Ini merupakan salah satu bantuan dari pertamina, dari sekian banyak bantuan yang telah diberikan oleh pertamina terhadap masyarakat Indonesia. tidak hanya bantuan dalam bentuk pendidikan saja yang telah diberikan oleh pertamina, namun juga dalam program ekonomi, program kesehatan, program kepemudaan, serta program non regular dan program-program lainnya. Ini merupakan bukti yang nyata bahwa pertamina sangat peduli kepada masyarakat Indonesia.
            Oleh karena itu dengan adanya lomba ini, mungkin saya bisa mewujudkan impian saya selama ini. Saya yang masih duduk dibangku kelas 2 SMA tidak bisa melakukan apa-apa untuk mewujudkan impian saya ini. Namun dengan diadakannya lomba ini, terlintas dipikiran saya untuk ikut dan menyampaikan keinginan saya. Impian saya yang sudah cukup lama ini menyangkut siswa SMA Negeri 2 Prabumulih, serta menyangkut masa depan anak bangsa dan generasi penerus bangsa Indonesia.
Belajar merupakan kegiatan berproses dan merupakan unsur yang sangat fundamental dalam setiap jenjang pendidikan, dalam keseluruhan proses pendidikan, kegiatan belajar merupakan kegiatan yang paling pokok dan penting dalam keseluruhan proses pendidikan. Serta belajar merupakan proses atau usaha yang dilakukan tiap individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku baik dalam bentuk pengetahuan , keterampilan maupun sikap dan nilai yang positif sebagai pengalaman untuk mendapatkan sejumlah kesan dari bahan yang telah dipelajari. Dalam proses belajar tentu kita harus konsentrasi untuk memahami yang kita pelajari, namun jika kondisi fisik kita terganggu. Tentu akan mengakibatkan konsentrasi kita juga akan terganggu. Misalnya nyeri pada bahu dan punggung.   
            SMA Negeri 2 Prabumulih, inilah tempat saya menuntut ilmu setelah saya lulus dari SMP. Sudah satu tahun lebih saya sekolah di SMA Negeri 2 Prabumulih, sering sekali saya memperhatikan siswa dan siswi di sekolah saya ini. Bukan hanya teman-teman saya yang saya perhatikan tetapi diri saya sendiripun saya perhatikan. Semua siswa disekolah saya ini rata-rata membawa tas dengan muatan yang banyak atau berat dan hampir semua siswa SMA Negeri 2 Prabumulih membawa tas 2 untuk membawa buku-buku mereka, yang satu  tas ransel dan satunya lagi tas jinjing. Hal ini tentu saja akan membuat kita tidak nyaman karena bisa berakibat punggung siswa akan sakit dan nyeri, apalagi sewaktu saya masih kelas X, hal itu sangat terasa sekali dan juga akan sangat terasa  saat membawa laptop, tentu beratnya akan menambah. Ini juga sangat dirasakan oleh siswa yang pergi sekolah dengan menggunakan angkot, hal ini saya katakana karena saya pernah merasakannya, apalagi saat angkot yang akan saya tumpangi untuk menuju SMA  saya belum melintas didaerah pasar prabumulih. Dan rumah saya pun tidak terlalu dekat dengan pasar sehingga saya harus naik ojek untuk menuju ke pasar, bukan saya saja yang mengalami hal ini tetapi teman-teman saya pun juga sering mengalaminya. Tas anak sekolah zaman sekarang tergolong sangat berat. Buku-buku pelajaran siswa saat ini lebih tebal dibanding dulu. Tidak mungkin saya dan teman-teman saya hanya membawa buku yang sedikit, sedangkan kami mempunyai jam belajar yang panjang, yaitu dari jam 07.30 WIB sampai dengan jam 03.50 WIB, apa yang akan kami pelajari jika hanya membawa buku yang sedikit. Alhamdulillah sekarang jam belajar kami sudah dikurangi, sekarang sudah tidak seperti dulu yang pulangnya jam 04.30 WIB. Meskipun begitu siswa SMA Negeri 2 Prabumulih masih sering membawa buku yang cukup banyak dan siswa  perempuan lebih cenderung merasakan sakit punggung akibat tas sekolah yang terlalu berat. Padahal perlu kita ketahui dengan membawa beban yang terlalu berat di dalam tas akan mengakibatkan nyeri pada bagian bahu, bagi siswa yang menggunakan kendaraan bermotor tentu tidak terlalu terasa namun bagi siswa yang berjalan kaki serta menggunakan angkot untuk kesekolah pasti akan sangat terasa nyeri di bahu. Ini semua kemungkinan akan mengakibatkan konsentrasi dalam belajarpun akan terganggu. Bukan hanya itu yang akan terjadi, akibat sering membawa tas yang berat bahu akan terasa nyeri dan jika terlalu sering merasa nyeri kemungkinan tulang selangka kita akan patah. Hal ini bukan akan terjadi tetapi telah terjadi, saat saya sampai disekolah bahu saya terasa nyeri, ini semua mengakibatkan konsentrasi saya dalam belajar semakin menurun. Untuk sekolah yang pulang sekolahnya jam 02.00 WIB, mungkin tidak membawa buku yang terlalu banyak.
            Hal ini janganlah dianggap sepele karena  jika terlalu sering tentu akan berakibat keburukan, tentunya bagi tubuh kita serta keburukan yang mungkin terjadi lainnya seperti dalam proses belajar. Banyaknya beban yang dibawa siswa ini juga dapat menyebabkan penyakit tulang seperti kifosis atau bisa disebut bungkuk. Kifosis ini disebabkan oleh posisi duduk yang salah dan juga banyaknya beban yang ditanggung punggung. Hal ini sangat merugikan siswa-siswi, apalagi mereka yang masih dalam tahap pertumbuhan. Oleh karena itu saya sangat mengharapkan pertamina bisa memberikan bantuan locker kepada SMA Negeri 2 Prabumulih. Manfaat dari locker itu sendiri adalah membuat barang-barang kita menjadi lebih aman, membuat sekolah menjadi lebih praktis, barang tertata lebih rapi, untuk menyimpan lebih banyak buku serta peralatan sekolah lainnya dan tidak akan memberatkan tas jika pelajarannya banyak
            Harga locker (per locker) yang terbuat dari Pvc Plastik diperkirakan Rp. 100.000,-. Dengan jumlah siswa kurang lebih 700 siswa diperkirakan biayanya adalah Rp. 70.000.000,- .Maka demi kebaikan dan kenyamanan siswa-siswi SMA Negeri 2 Prabumulih saya megharapkan pertamina dapat memberikan bantuan berupa locker untuk tempat meletakkan buku-buku serta barang-barang lain yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran selama disekolah. Sehingga tas siswa-siswi tidak terlalu berat dan tulang dapat bertumbuh dengan baik. maka dari itu saya sebagai siswa SMA Negeri 2 Prabumulih sangat berharap PT.Pertamina EP Asset 2 dapat mewujudkan keinginan saya agar siswa SMA Negeri 2 Prabumulih akan lebih sehat dan nyaman dalam belajar disekolah.


Created by : septi rahmiensi saputri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar