-

-

Selasa, 26 November 2013

Cerpen Geografi


PENEBANGAN POHON SECARA LIAR DI DESA AURDURI
           
Di Desa yang terpencil ini, yaitu Desa Aurduri. Banyak sekali tebing-tebing yang tinggi dan menghijau oleh pepohonan. Suatu hari ada seorang remaja yang bernama Hery, dia pergi bersama ibunya ke dalam suatu hutan untuk mencari kayu bakar. Hutan tersebut di tumbuhi banyak sekali aneka macam tumbuhan dan di huni oleh berbagai macam satwa. Saat mereka berada di tengah-tengah hutan hery pun berpikir dan bertanya dalam hatinya “Alangkah indahnya hutan ini, namun kenapa tidak ada manusia yang mampu mempertahankan keindahan dari hutan ini ?”. dia terus bertanya dalam hatinya dan terus melamunkan hal itu, sampai-sampai dia tidak mendengar suara ibunya yang memanggil dia sejak tadi. Dia tidak sadar bahwa dia sudah tertinggal jauh dari ibunya.
            Hery dan ibunya pun tiba di suatu tempat, tempat tersebut terlihat begitu terang. “wah ! tempat apa ini ?”. kata hery. “kenapa dari kejauhan sudah terlihat sangat terang ?”. semakin dekat terik matahari begitu menyilaukan mata. Dan sampailah Hery dan ibunya ke tempat terang tersebut, ternyata tempat itu adalah hutan yang telah gundul akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Hutan tersebut terlihat sangat gersang dan tandus, tanahnya yang sudah kering dan sepertinya tidak mengandung humus lagi. Hery terkejut sekali, ternyata apa yang dia renungkan tadi benar adanya. Banyak sekali manusia yang tidak peduli terhadap alam dan bertindak semaunya. Hery bertanya kepada ibunya “apa yang telah terjadi dengan hutan ini bu ?”. ibunya menjawab “hutan ini sepertinya telah di jadikan tempat penebangan liar”. Hery pun menyangkal apa yang dikatakan ibunya tersebut. “meskipun begitu, kenapa orang yang menebang pohon-pohon ini tidak melakukan reboisasi ? tak pedulikah mereka terhadap satwa-satwa yang tinggal di hutan ini? ”. Hery terlihat sangat kesal atas apa yang di lihatnya saat itu. Dia dan ibunya pun segera pulang kerumah, mereka mengurungkan niat untuk mencari kayu bakar. Ternyata dibalik bukit nan hijau, telah tersembunyi hutan yang telah tandus dimana itu semua karena ulah manusia. Karena ingin memuaskan diri, demi material semata. Sungguh ulah yang tidak bertanggung jawab, dan tanpa memikirkan akibat dari ulahnya tersebut akan berdampak negatif untuk kehidupan yang akan datang,dampak tersebut seperti longsor,banjir dll.  
            Kita ketahui bahwa, dengan adanya hutan yang begitu rindang, maka satwa-satwa yang ada di hutan tersebut tidak akan menggangu aktivitas manusia. Dan begitu pula sebaliknya, seandainya pohon-pohon di hutan tersebut di tebang tanpa melakukan reboisasi, maka satwa liar yang ada di hutan tersebut akan kehilangan tempat tinggal maupun makanan dan akhirnya mereka pun menggangu aktivitas manusia. Hal tersebut juga akan mengakibatkan kesuburan suatu tanah menjadi menurun. Jadi sebagai umat manusia, kita harus menjaga alam semesta ini dengan sebaik-baiknya agar alam tidak memberikan dampak yang negatif bagi kita semua.



Septi Rahmiensi Saputri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar