-

-

Rabu, 04 Desember 2013

Merawat AC

Pentingnya Merawat AC Mobil

tips merawat ac mobil Kini sudah seperti kewajiban bahwa setiap mobil harus ada pendingin udaranya (AC). Wajar memang, panasnya udara ditambah kemacetan di kota-kota besar khususnya Jakarta sudah tidak dapat dihindari. Meskipun menjadi perangkat penting dalam berkendara, terkadang Anda tidak merawat AC mobil sehingga ketika AC mobil bermasalah barulah sadar dan pada akhirnya Anda juga yang menerima akibatnya. Sebenarnya jika Anda memberikan perhatian lebih terhadap AC mobil, perangkat ini juga akan awet. Untuk itu rawatlah AC mobil Anda dengan langkah-langkah berikut:
  1. Kebersihan kabin dari debu dan kotoran harus dijaga. Karena kotoran dan debu yang menumpuk di dalam kabin akan terhisap oleh AC kemudian menumpuk di dalam saluran AC. Jika hal ini terjadi maka lama-kelamaan akan tumbuh jamur dan spora yang tidak baik untuk kesehatan. Selain itu juga akan menimbulkan bau tidak sedap ketika pertama kali AC dinyalakan.
  2. Semprotkan air ke arah kondensor AC ketika sedang mencuci mobil. Tujuannya adalah agar kotoran dan debu yang menempel bisa bersih. Karena apabila dibiarkan kotoran tersebut akan menumpuk dan mengakibatkan korosi sehingga kondensor menjadi bocor. Jika sudah bocor Anda juga yang akan repot, karena AC tidak akan bekerja secara optimal. Selain itu juga akan memakan waktu dan juga biaya untuk memperbaikinya.
  3. Rutin perikasa ExtraFan yang terletak di depan kondensor. Kipas ini akan hidup ketika AC di hidupkan. Apabila mati segera lah diganti. Jangan pernah anggap remeh Extra Fan ini karena jika dibiarkan akan menyebabkan kompresor AC akan rusak. Atau juga resikonya adalah selang high press yang menjadi bagian dari AC mobil akan meledak. Tentu hal ini akan membahayakan diri Anda selain juga penggantian selang high press akan banyak memakan biaya.
  4. Jangan pernah merokok di dalam mobil karena Evaporator akan kotor karena nikotin yang menempel. Selain itu juga akan timbul bau tidak enak yang susah di hilangkan. Biarpun sudah tidak ada asap rokok namun tetap saja sisa-sisa asap tersebut masih menempel pada interior mobil Anda. Hal tersbut dapat menjadi sumber penyakit, karena kita ketahui rokok tidak baik untuk kesehatan. Bau rokok yang menempel dan tidak mau pergi juga akan membuat kenyamanan Anda dan orang-orang yang berada di dalam mobil akan terganggu
  5. Matikan AC mobil Sebelum menghidupkan mesin. Ketika perputaran mesin normal barulah AC di hidupkan. Perilaku ini harus diperhatikan karena selama ini kita sering lalai. Hentakan awal ketika mesin mobil dihidupkan bisa membuat tali kipas kompresor menghentak kuat. Jika ini terus menerus terjadi maka tali kipas tersebut cepat rusak dengan gejala awal bunyi berdecit.
  6. Gunakan pengarum mobil yang kualitasnya telah teruji dan sudah terkenal. Karena kini banyak produk pengharum yang tidak jelas mutunya. Sehingga terkadang malah meniggalkan bau yang sulit dihilangkan. Dan hindari pemakaian pengharum dengan cara colok ke grill sebab yang sering terjadi adalah grill lubang AC mudah patah.
  7. Jika ada keluhan tentang performa AC, misalnya kurang dingin disarankan untuk segera melakukan pengecekan di bengkel spesialis AC mobil. Ini sebagai langkah antisipasi agar jika ada kerusakan lebih cepat ditangani sehingga tidak merembet ke komponen lain.
  8. Lakukan perawatan rutin minimal setahun sekali seperti ganti Receiver Dryer, services Blower, Evaporator, Oil Compressor,  kuras Freon dan Condensor. Dengan perawatan rutin akan membuat awet komponen AC dan juga kualitas udara yang disemburkan AC selalu baik.  
Created : Dikaria
source :  http://www.kapsulpintar.com/2013/07/21/915/pentingnya-merawat-ac-mobil.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar