-

-

Rabu, 04 Desember 2013

GELAS KACA TETAP AWET

Tips Agar Gelas Kaca Tetap Awet

agar gelas awet Sebagian orang atau mungkin termasuk orang yang gemar mengkoleksi gelas kaca dengan bentuk lucu dan unik. Namun bagaimana ketika Anda sedang menggunakan gelas kaca tersebut tiba-tiba “Prrraakk!” tanpa diketahui penyebabnya atau mungkin hanya terbentur pelan gelas pecah begitu saja, tentu mengesalkan bukan? Nah, agar kejadian tidak terjadi pada gelas kesayangan Anda ada baiknya sebelum membeli gelas Anda perhatikan hal-hal berikut:
1. Perhatikan dengan seksama dan teliti seluruh bagian gelas
Jika ada retakan atau guratan baik itu di permukaan gelas maupun di dalam lapisan kaca, sebaiknya anda pikir dua kali untuk membelinya. Hal tersebut untuk menghindari Anda kecewa di kemudian hari karena gelas yang Anda beli mudah pecah.yang sudah terjadi/terbentuk di gelas. Namun langkah tersebut tidak berlaku pada gelas berbahan dasar keramik. Karena gelas keramik tidak mungkin bisa semuanya mulus dalam proses pembuatannya. Dan terkadang nilai estetika dari gelas keramik tersebut terdapat pada guratan-guratan yang sengaja dibentuk.
2. Raba permukaan gelas dengan jari
Masing masing produksi gelas memiliki karakteristik yang berbeda-beda, ada yang halus, kasar, bengkok, rata, tebal, dan tipis. Untuk masalah kekuatan dan tingkat ke awetan gelas yang bagus adalah gelas yang halus, rata, dan tebal. Gelas yang permukaannya kasar memiliki kekurangan yaitu gelas mudah pecah. Hal tersebut dikarenakan ketika mendapat suhu ekstrim (panas atau dingin), pemuaiannya tidak sama antara satu bagian. Itulah kenapa gelas mudah pecah. Untuk masalah bengkok dan tidak rata, sebenarnya tidak mempengaruhi kekuatan gelas, namun akan merusak pemandangan meja makan Anda jika terdapat gelas yang berbentuk ‘aneh’.
3. Bandingkan dengan gelas lain
Memiliki perbandingan memang perlu dalam memilih gelas. Jangan terpaku dengan satu model atau warna gelas. Jika ada yang lebih bagus dan lebih murah jangan ragu untuk membelinya, jangan sampai menyesal di kemudian hari.
4. Rebus sebelum dipakai
Mungkin Anda belum pernah mendengar proses ini, padahal ini adalah prosedur paling penting. Karena dengan merebus gelas kaca dengan air mendidih sebelum di pergunakan akan membuat partikel-partikel kaca akan menyatu satu sama lain, jadi akan lebih kuat. Cara merebusnya mudah saja, Anda tinggal masukkan gelas ke dalam wadah yang bisa merendam semua bagian gelas ke dalam air. Setelah itu rebuslah air yang di dalamnya terdapat gelas sampai mendidih. Lalu biarkan gelas dingin dengan sendirinya. Karena jika langsung disiram dengan menggunakan air dingin gelas akan pecah. Setelah gelas dingin barulah cuci bersih dan gelas pun dapat digunakan.

created : Dikaria
source :  http://www.kapsulpintar.com/2013/07/01/525/tips-agar-gelas-kaca-tetap-awet.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar