-

-

Rabu, 04 Desember 2013

Mata Anak

Penyebab Gangguan Mata Anak dan Cara Penanganannya

menjaga kesehatan mata anak Kelainan pada mata bisa terjadi pada saat bayi baru lahir, jika tidak ditangani atau tidak mendapat pertolongan awal, maka keterlambatan bisa menjadi masalah untuk perkembangan si kecil. Banyak faktor yang dapat menjadi penyebab gangguan pada mata anak. Yuk, Kawan Kapsul kita cari tahu apa yang menyebabkan mata bisa bermasalah dan bagaimana penangannya:
Luka pada mata
Jika terjadinya pada bola mata, sebaiknya harus mendapatkan perawatan medis secepatnya. Tidak perlu mencoba mengobati sendiri, Kawan kapsul harus langsung membawa si kecil ke unit gawat darurat di rumah sakit. Cukup tutup mata si kecil yang terlukan dengan perban bersih dan longgar sementara menunggu penanganan untuk mencegah luka lebih parah dan agar tangan anak tidak mengganggu luka.
Iritasi
Iritasi bisa terjadi karena berbagai macam hal, salah satunya adalah sabun atau sampo yang masuk mata. Bila ini terjadi bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan mungkin mata merah. Kawan Kapsul tidak usah kwatir karena ini tidak membahayakan yang perlu dikalakukan hanyalah mencuci mata dengan air bersih, dan cobalah anak untuk mengusap matanya.
Akan tetapi jika zat kimia lain seperti pembersih wajah, detergen, deodoran, penyemprot jendela, pembersih aerosol, semir dan lain-lain, ini akan menimbulkan masalah yang serius. Jika mata si kecil kemasukan zat semacam itu, bersihkan mata segera dengan air bersih sebanyak-banyaknya, itu tidak mudah, tetapi perlu. Buka keran air lalu dengan cangkir atau gelas siramkan air pelan-pelan ke matanya berulang kali.
Jika hanya satu mata yang kena, pegang anak sehingga Kawan Kapsul tidak membuat air bilasan masuk ke mata yang lain. Jangan mencemaskan kondisi rumah yang berantakan karena perawatan itu. penglihatan si kecil lebih penting daripada lantai kering. Teruskan menyiram air sampai kawan Kapsul benar-benar dan yakin tidak ada lagi sisa bahan kimia tersebut.
Masuk benda asing
Jika benda asing seperti tanah, pasir atau serangga yang masuk mata sebenarnya bisa keluar dan bersih dengan sendirinya jika anak tersebut menangis. Untuk mengeluarkannya, Kawan Kapsul dapat secara perlahan tarik kelopak mata atas ke bawah melewati batas bawah untuk merangsang keluarnya air mata. Jika tidak bisa si kecil perlu penanganan medis.
Untuk mencegah semua itu sebaiknya kita sebagai orang tua harus lebih hati-hati dan memperhatikan apa yang dilakukan oleh anak kita sehingga tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan dan sebaiknya menyingkirkan bahan yang berbahaya dari jangkauan si kecil.

created : Dikaria
source :  http://www.kapsulpintar.com/2013/11/26/3619/penyebab-gangguan-mata-anak-dan-cara-penanganannya.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar